Pernah dengar ungkapan “tong kosong nyaring bunyinya”?

Percaya diri melakukan hal yang orang lain pikir mustahil

Tapi bukankah pesawat terbang juga bersuara nyaring?.. hehehe memang ada unsur membela diri sih tapi setidaknya dengan berpura-pura memiliki kemampuan lebih dibanding orang kebanyakan, maka secara tidak sadar hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri saya.

Berpura-puralah berkemampuan akan sesuatu, berpura-puralah bahagia, berpura-puralah utang-utang anda hilang walau itu sulit, berpura-puralah anda disulap David Coverfield dan menjadi ganteng ataukah cantik seketika. Dengan berpura-pura dan hanya mendengar kata-kata indah dari orang lain maka kepercayaan diri anda akan lebih meningkat.

Berjalanlah lebih cepat seakan-akan ada hal penting yang ingin anda lakukan segera dan akan menjadi susah jika tidak dilakukan segera, bayangkan bos atau dosen anda gelisah menunggu kehadiran anda segera, biarkan diri anda meyakini bahwa anda adalah seseorang yang penting bagi orang lain sehingga tanpa kehadiran anda orang-orang tersebut tidak merasa tenang dan merindukan kehadiran anda.

Dan setelah anda mendapatkan kepercayaan diri yang dibutuhkan, maka jawablah dengan tindakan yang percaya diri juga.

Manusia umumnya memiliki sifat yang butuh gerakan manual untuk dapat bekerja sesegera dan sebaik mungkin, kita tidak memiliki tombol power automatis “ENTER” pada tubuh untuk dapat bergerak bekerja walau rasanya malas, yang ada hanya tombol “ENTAR”. Ketika ada cucian yang menumpuk melihatnya pun akan membuat anda merasa lelah, dan hanya dengan memaksa diri bergerak akan membuat pakaian tersebut dapat dicuci bersih, percayalah bahwa hanya langkah awal yang memberatkan anda untuk bergerak, melangkahlah dan secara manual gunakan pikiran dan tubuh anda untuk bekerja maka anda akan tercengang betapa mudah mengalahkan perasaan malas. Tubuh anda akan bergerak otomatis ketika pikiran anda setuju untuk melakukannya walaupun ada rasa malas dalam diri anda. Seperti kata Om Mario Teguh, bekerjalah sebaik-baiknya dalam semalas-malasnya anda, kira-kira begitulah intinya.

Saya sendiri butuh kepercayaan diri untuk dapat bersosialisasi, ingat Tuhan tidak menciptakan mahluknya tanpa ada kekurangan dan kelebihan, maka kenalilah kekurangan anda. Dan setelah tau kekurangan anda maka kembangkanlah kelebihan anda (bukan kelebihan berat badan ya). Tubuh saya sendiri tidak begitu ideal, tinggi dan bobot tubuh timpang atau bahasa kerennya kurus, tapi dengan semangat proklamasi dan perjuangan sampai titik darah penghabisan selama bertahun-tahun yang tanpa kenal lelah (maaf lebai) membuat saya mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dalam diri saya. Walaupun sampai tulisan ini diterbitkan saya masih kurus tapi satu hal yang pasti bahwa “Mengembangkan kelebihan diri ternyata jauh lebih asyik daripada meratapi kekurangan kita”.

Ada satu trik untuk mengembangkan kepercayaan diri yang patut dan saya sarankan untuk anda semua gunakan.

Ambillah secarik kertas, pastikan kertas anda bersih bukan kertas yang ada bekas sepatunya.

Percaya diri itu didapat dari belajar

Tulislah tujuan anda dan waktu kira-kira kapan anda bisa menggapainya (tulislah spesifik dan detail hingga ketika anda membacanya maka akan dengan mudah terbayang dipikiran anda)

Dibawah tujuan anda tersebut tuliskan sebanyak-banyak alasan mengapa anda bisa menggapainya.

Setiap pagi anda bangun bacalah tulisan anda tersebut dan tanamkan dalam pikiran anda sebelum berangkat kerja.

Maka perhatikanlah kepercayaan diri anda akan lebih terangkat dan usahakan setiap saat untuk mengingat apa yang anda tulis agar kepercayaan diri yang tadinya terangkat tidak terbanting lagi.

Informasi berikut mungkin akan membantu anda dalam mengidentifikasi apa itu percaya diri.

Sekian dari saya TuppuAzhar.. semoga tulisan ini mampu berdampak positif kepada pembaca dan diri saya sendiri

Salam Hebat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s